Friday, January 29, 2010

Uang Gratis Melalui Blogging

Di dunia ini tidak ada yang bernama uang gratis. Tidak ada satupun alat yang hanya dengan memencet sebuah tombol, maka uang akan muncul dengan sendirinya. Untuk mendapatkan uang, kita harus tetap berusaha. Kabar baiknya, jika Anda memilih blogging sebagai usaha Anda, kita bisa mendapatkan apa yang disebut mendekati “uang gratis”. Kenapa mendekati? Karena satu-satunya modal yang harus kita keluarkan hanyalah biaya koneksi internet. Jika Anda pemula, maka biaya koneksi internet di warung internet adalah satu-satunya biaya yang Anda keluarkan. Bukankah ini bisa disebut “mendekati gratis”?

Untuk mulai menghasilkan uang melalui blogging, Anda bisa menggunakan segala tools yang tersedia di internet secara gratis. Ya, semuanya tanpa biaya. Jika diurutkan, yang Anda butuhkan adalah:
  1. Platform blogging
  2. Ide untuk menulis artikel
  3. Berbagai macam tool marketing blog
  4. Bergabung dengan advertising network

Platform blogging ibarat “kantor” tempat Anda berusaha. Anda tidak harus menggunakan platform blogging berbayar. Platform gratisan saja sudah sangat bisa membuat Anda memperoleh penghasilan. Platform blogging gratis yang terbaik adalah Blogger. Jadi, silakan sekarang Anda akses halaman depan Blogger.com. Di sana Anda bisa mendapatkan sebuah blog tanpa biaya sama sekali, alias gratis.

Seperti yang saya tulis di artikel-artikel sebelumnya, blog yang baik adalah blog yang ber-niche. Artinya, Anda tidak bisa menulis segala macam jenis artikel, seperti artikel agama, olahraga, musik, dan lain sebagainya di dalam 1 blog. Blog general semacam itu hanya akan membuat posisi blog Anda lemah di search engine. Namun, kadang kita kebingungan untuk menentukan apa niche blog kita. Jika Anda berada dalam posisi seperti ini, silakan kunjungi EzineArticles.com. Lihat ke bagian kategori artikel. Di sana ada banyak jenis kategori artikel. Nah, silakan pilih salah satu yang paling Anda kuasai. Jika Anda paham tentang internet marketing, maka buatlah sebuah blog tentang internet marketing. Jika Anda perhatikan lebih lanjut, website tersebut telah menyediakan ratusan artikel gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi blog Anda. Usahakan untuk tidak copy-paste mentah-mentah, karena Google sangat membenci duplicate content. Ambil ide artikelnya, lalu tulis ulang dengan kata-kata Anda sendiri. Selain Ezine, ada banyak lagi website yang berisi ide postingan sekaligus free article. Untuk mencarinya, silakan search di Google dengan keyword “free article”.

Setelah Anda memiliki sebuah blog, dan blog Anda tersebut telah terisi dengan artikel-artikel yang menarik, sekarang adalah saatnya untuk memasarkan blog Anda. Salah satu teknik internet marketing yang paling populer untuk blog adalah SEO, atau Search Engine Optimization. Teknik ini digunakan untuk membuat blog Anda muncul di urutan pertama dan halaman pertama hasil pencarian untuk keyword tertentu. Contohnya, jika blog Anda dioptimasi untuk keyword “weight loss” menggunakan teknik SEO, maka blog Anda akan muncul di urutan teratas halaman pencarian untuk kata kunci itu.

Gambarannya begini: Si A yang gendut sangat ingin menurunkan berat badannya. Si A ingin mencari informasi tentang cara menurunkan berat badan yang efektif di Google. Si A pun lantas membuka Google, dan mengetikkan kata kunci “weight loss” pada halaman depan. Setelah menekan tombol “Search”, hasil pencarian pun muncul. Dan karena blog Anda telah dioptimasi menggunakan kata kunci “weight loss”, maka blog Anda pun muncul di urutan teratas halaman pertama. Si A pun tertarik untuk membuka halaman blog Anda. Akhirnya Anda mendapatkan pengunjung. Begitulah prosesnya. Dan untuk Anda ketahui, kata kunci “weight loss” dicari oleh sekitar 823.000 orang dari seluruh dunia per bulannya (angka ini didapat dari Adwords External Keyword Tool ketika artikel ini ditulis). Bayangkan jika blog Anda bisa muncul di urutan pertama, maka blog Anda akan mendapat kunjungan tak kurang dari 800.000 pengunjung per bulan! Itu sama dengan sekitar 26.000 pengunjung per harinya! Sebuah angka yang sangat luar biasa. Namun, untuk bisa mendapatkan posisi pertama kata kunci “weight loss” tidaklah mudah. Bukan hanya Anda yang ingin mendapatkan posisi urutan pertama hasil pencarian kata kunci ini. Anda akan mendapat begitu banyak saingan yang memiliki ilmu internet marketing bervariasi dari seluruh dunia.

Proses terakhir dari bisnis blogging adalah bergabung dengan sebuah advertising network. Ini adalah proses paling penting, di mana Anda akan mendapatkan uang yang selama ini Anda tunggu. Sama seperti proses lainnya, proses ini sama sekali tidak memakan biaya sepeser pun. Salah satu advertising network terbesar dan terbaik saat ini adalah yang dimiliki oleh Google, yaitu Google Adsense. Dengan memasang iklan Google Adsense di blog Anda, Anda akan dibayar setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung Anda. Istilahnya, Pay Per Click. Harga per kliknya bervariasi, tergantung keyword yang Anda bidik. Untuk keyword “weight loss”, ketika artikel ini ditulis memiliki harga per klik sebesar $2.88.

Jika per hari Anda mendapatkan 26.000 pengunjung di blog yang Anda optimasi untuk keyword “weight loss”, dan rata-rata 20% pengunjung mengklik iklan Google Adsense di blog Anda, maka Anda bisa mendapatkan uang sekitar $14976.00 per harinya! (Perhitungannya: 20% x 26.000 x $2.88 = $14976.00) Jika di-kurs-kan rupiah, maka penghasilan Anda per hari bisa mencapai 14-15 juta!

Nah, tunggu apa lagi? Uang gratis telah menanti Anda. Ikuti langkah-langkah di atas, mulai dari memilih topic, membangun sebuah blog, mengisi dengan artikel-artikel menarik yang original (bukan copy-paste), memasarkan blog, sampai bergabung dengan advertising network, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang tak terduga. Angka-angka di atas jangan dijadikan patokan. Dan jangan pula Anda terlalu bermimpi besar. Mulai saja dulu mempraktikkan apa yang Anda tahu. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa mencari jawabannya di Google. Google telah menyediakan segalanya.

Related Links

4 comments:

  1. artikel yang bagus mas, ijin sharing info ya.
    Tips Cepat Dapat Income Yield2Me $20 per hari
    Dah saya buktikan, dapet cashout dua kali hehehe..

    http://transtv-job.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. NUMPANG INFO :

    BISNIS ONLINE YANG AKAN MERUBAH HIDUP ANDA MENJADI LEBIH BAIK. BUKTIKAN Pernahkah Anda ikut bisnis online, tapi hasilnya nggak seberapa?. Yang kaya hanya admin pemilik web. Anda hanya mendapatkan mimpi yang tak khan pernah terwujud. Berbagai cara promosi Anda lakukan, malah uang Anda yang habis untuk biaya iklan. Atau Anda pengen dapat uang dengan mudah?Segera Gabung Kalo Ingin Sukses Mulai Hari Ini juga buka & klik disini aja kawan

    ReplyDelete
  3. TERBARU,BELUM ADA SEBELUMNYA Yang akan menjadikan anda Jutawan .
    Assalamualikum kawan2 yg di Indonesia.
    yg masih sulit cari pekerjaan yuk alihkan fikiran berprofesi menjadi pwngusaha muda yg sukses di usia muda dengan bergabung di Azaria dengan omset minimal Rp.1.000.000(juta) perhari dan konsep Q-Marketing Single Level dg kombinasi skema MATAHARI dan MONOLEG UNILEVEL.
    no ribet, no pusing
    khusus anak2 muda yg gaul,ramah, jujur,kreatif,inofatif dan yg siap memajukan peluang Bisinis yng Dasyat (sma,mahasiswa, karyawan,buruh,pengangguran)
    more info Pendaftram hubungi saya
    NAMA : DUROTUL LATIFAH
    HP : 087700061678
    BBM : D056B462

    ReplyDelete