Sunday, August 8, 2010

Cari Uang di Internet dengan Google Adsense

Pada artikel-artikel sebelumnya saya pernah sedikit menyinggung tentang Google Adsense. Namun mungkin masih banyak dari Anda yang belum terlalu mengerti apa itu Google Adsense, bagaimana prosesnya, dan paling penting bagaimana kita memanfaatkan program ini untuk cari uang di internet.

Sebelumnya, saya perlu menekankan bahwa di sini tidak ada unsur tipu-menipu, hacking, dan berbagai tindak criminal lainnya dalam mencari penghasilan. Sampai saat ini saya masih sering mendapat pertanyaan dari teman dan beberapa tetangga tentang pekerjaan yang saya lakukan seperti, “Nyari uang di internet itu semacam hacking ya Mas?” atau, “Memangnya legal ya, cari uang di internet, Mas?” jawaban saya untuk pertanyaan kedua ini adalah: SANGAT LEGAL. Dan juga bukan aktivitas illegal seperti hacking. Google Adsense adalah produk Google yang memungkinkan setiap orang dari seluruh penjuru dunia untuk menjadi publisher atau pihak yang menayangkan iklan-iklan yang diiklankan dalam program Google Adwords. Dan perlu diingat bahwa sebagian besar penghasilan Google memang berasal dari program periklanan ini. Jadi, ini adalah program yang sangat legal bagi semua orang di belahan dunia manapun.

Jika Anda belum pernah mengetahui seperti apa bentuk iklan yang saya maksud, silakan buka halaman Google, ketikkan “make money” pada kotak pencarian, lalu tekan enter. Kemudian akan muncul berbagai hasil pencarian. Dari sekian daftar yang ada, perhatikan hasil pencarian di urutan teratas dan bagian paling kanan. Itulah iklan yang saya maksudkan. Pada halaman hasil pencarian itu, Google sengaja iklan yang relevan dengan kata kunci – dalam hal ini, kata kunci kita adalah “make money”. Nah, dengan membuat program Google Adsense, Google ingin berbagi “kue” iklan dengan pemilik blog atau website di seluruh dunia. Harapan mereka barangkali agar iklan-iklan yang ditayangkan dapat lebih tersebar luas, tak hanya terpaku pada website Google saja.

Uang yang kita dapat tergantung dari berapa banyak jumlah klik yang kita dapatkan pada iklan-iklan di blog kita. Gambaran kasarnya seperti ini: kita memasang iklan Google Adsense di blog kita, orang-orang yang mengunjungi blog kita tertarik dengan iklan yang muncul, mereka mengklik iklan tersebut – lalu dibawa ke website tertentu yang dipromosikan melalui iklan di blog kita, dan kita pun mendapatkan komisi. Komisi yang kita dapatkan adalah bentuk terima kasih si pemilik website tersebut karena kita telah mendatangkan pengunjung bagi website tersebut. Jika website tersebut menawarkan produk kecantikan misalnya, dan orang yang kita “bawa” ke website itu tertarik untuk membeli produk, maka si pemilik website pun mendapat keuntungan dari hasil penjualan. Seperti itu kira-kira gambaran besarnya. Sudah mulai paham?

Lalu kenapa tidak kita klik sendiri saja iklan-iklan di blog kita? Daripada susah-susah mengharapkan orang lain tertarik dengan iklan-iklan itu.

Ini adalah langkah bunuh diri. Google tidak sebodoh itu untuk mengetahui mana klik asli dan mana klik palsu, istilahnya “fraud click”. Teknologi mereka memungkinkan untuk mengetahui mana anggota yang curang, lalu mendepak mereka jauh-jauh. Berdasarkan pengalaman di forum online business, orang-orang yang melakukan fraud click ini akan dengan mudah dideteksi oleh Google. Nama mereka pun di-blacklist, sehingga menyulitkan jika di kemudian hari ingin kembali bergabung dengan Google Adsense. Betapa sebuah kerugian yang besar. Jadi, tanamkan baik-baik dari awal untuk bermain jujur, agar hasilnya bisa berkah.

Untuk bisa mulai mendapatkan penghasilan dari program ini, ada beberapa hal yang harus kita siapkan antara lain:
  1. Membuat alamat email di Gmail. Berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa teman, jika kita mendaftar dengan menggunakan email layanan Google, Gmail, kita akan lebih mudah diterima.
  2. Membuat blog atau website. Seperti yang saya singgung di atas, program ini adalah program yang memungkinkan kita menjadi publisher atau penayang iklan-iklan mereka. Agar bisa menjadi publisher, tentu saja kita harus memiliki tempat untuk menayangkan iklan Google Adsense. Dalam hal ini bentuknya bisa blog, website, forum, dan lain sebagainya. Tidak harus berbayar, kita bisa menggunakan layanan blog gratisan seperti Blogger.com yang juga dimiliki oleh Google. Jadi silakan buat blog Anda sekarang juga. Akses Blogger.com, daftar menggunakan alamat email Anda yang baru di Gmail, dan isi blog Anda dengan sebanyak mungkin artikel. Gunakan artikel berbahasa Inggris. Sampai saat ini Google Adsense belum menerima blog berbahasa Indonesia. Jadi buatlah artikel berbahasa Inggris sebanyak mungkin. Usahakan artikel yang Anda tulis dalam blog memiliki satu tema. Jika blog Anda bertema Tips Photography, maka buatlah artikel-artikel yang berhubungan dengan tema. Untuk awal, buatlah minimal 10 artikel dengan tiap artikel memiliki rata-rata 300 kata. Jangan lupa untuk membuat tampilan blog Anda semenarik mungkin. Jika menggunakan Blogger.com, gunakan template menarik gratisan yang tersedia di banyak website. Untuk mencarinya lakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Blogger Template”, “Blogger Themes”, dan lain sebagainya. Atau jika blog Anda bertema photography, Anda bisa langsung mencari dengan kata kunci “Photography Blogger Template”. Usahakan template yang Anda gunakan sesuai dengan tema blog Anda.
  3. Mempromosikan blog atau website kita. Mempromosikan blog ini bertujuan untuk mendatangkan pengunjung pada blog kita. Semakin banyak pengunjung, semakin besar kemungkinan orang yang tertarik dengan iklan yang ditayangkan di blog kita. Namun sampai tahap ini kita belum memasang iklan Google Adsense, karena kita belum mendaftar. Untuk bisa diterima, Google mensyaratkan blog kita harus memiliki banyak pengunjung terlebih dahulu. Jadi lakukan promosi sesering mungkin. Promosi bisa dilakukan melalui situs social networking seperti Facebook, Twitter, Plurk, dan lain sebagainya. Setiap selesai menulis artikel, jangan lupa untuk meng-update status Facebook dengan URL artikel di blog Anda. Lakukan hal serupa pada Twitter dan situs-situs social networking yang lain. Kunci suksesnya adalah miliki teman sebanyak-banyaknya, dan tulislah artikel yang menarik. Setelah blog Anda memiliki pengunjung rutin, Anda bisa melangkah ke step berikutnya.
  4. Mendaftarkan diri pada program Google Adsense. Sekarang Anda telah memiliki blog yang menarik, berisi banyak artikel berbahasa Inggris, dan memiliki banyak pengunjung. Untuk mendaftar, silakan kunjungi halaman ini, pilih "Daftar Sekarang", lalu isi formulir yang disediakan sebaik mungkin. Isi dengan data diri Anda sesuai KTP. Kemudian kita tinggal menunggu approval dari pihak Google. Sembari menunggu, kita bisa menambah artikel dan lebih mempromosikan blog kita.
  5. Memasang iklan Google Adsense pada blog Anda. Setelah lamaran diterima, kita baru bisa mendapatkan kode Google Adsense untuk dipasang di blog kita. Kode itu bisa Anda temukan di halaman dashboard account Google Adsense. Pilih bentuk yang Anda sukai, lalu ambil kodenya. Pasang kode itu di blog kita.

Selanjutnya kita tinggal menunggu seberapa sukses usaha yang telah kita lakukan. Jika hasilnya belum terlihat, jangan menyerah. Mungkin artikel yang Anda buat masih kurang menarik. Mungkin juga promosi yang Anda lakukan belum maksimal. Atau bisa jadi posisi iklan yang terpasang pada blog Anda masih kurang menonjol. Lakukan berbagai percobaan, dan temukan rumusan yang paling cocok bagi Anda. Tak ada rumusan yang cocok dilakukan oleh seseorang dan diimplementasikan pada orang lain. Setiap orang memiliki rumusan masing-masing.

Related Links

9 comments:

  1. waduh gan say tidak diterima tu di google adsense,katanya ketat sekarang, apakah ada solusi?

    ReplyDelete
  2. http://huda-bisnis.blogspot.com/
    Informasi yang sangat membantu sekali untuk mengembangkan bisnis di internet...thanks.

    ReplyDelete
  3. terima kasih karena berbagi.artikel yang bagus,bisa menambah wawasan

    ReplyDelete
  4. wah info menarik gan, numpang ya http://newbiemaster.blogspot.com/ mkasi

    ReplyDelete
  5. sip.infonya bermanfataaat sekali. oh ya kunjungi blog ku ya please ....ahdanahmadmalkan.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Disini aja gan ...ga perlu ribet..daftar doang langsung dapet uang ...tinggal kerja deh kaya dibawah ini :
    review restoran/kuliner : http://poin-web.co.id/start/abra
    review gadget : http://poin-web.co.id/start/priceprice
    Main game : http://poin-web.co.id/start/happy_camelot
    Kerja online /micro task : http://poin-web.co.id/start/frm-to-cf

    ReplyDelete
  7. FAKTA MENCENGANGKAN DUNIA INTERNET 2014.
    Bagi temen2 yang lagi SULIT KEUANGAN, susah GAK PUNYA PENGHASILAN, padahal biaya hidup meningkat. INI DIA SOLUSI PALING HEBAT, MANJUR DAN MUJARAB buat ANDA semuanya. BERGABUNGLAH DG SYSTEM PENAMBAH SALDO REKENING OTOMATIS ( ASETFB.COM ), dengan system yang mutakhir mampu menjadikan setiap DARI ANDA MENJADI ORANG KAYA DENGAN PENGHASILAN MULAI RP. 1.000.000,- SAMPAI RP. 10.000.000,- ( sepuluh juta rupiah) setiap harinya, bahkan bisa lebih banyak dari tujuh digit nol. Angka yang fantastis bukan ? dijamin 100% HALAL dan legal. untuk keterangan lebih lanjut atau gabung silahkan
    BUKA & KLIK DISINI
    ATAU
    PENCET AJA DISINI

    ReplyDelete
  8. mantap gan sharingnya...
    biar dapet traffic banyak gimana ya gan ?

    http://yuntoroblog.blogspot.com/2013/11/cara-mudah-memasang-iklan-adsense-di.html

    ReplyDelete